Lingkungan Global

Lingkungan GlobalDalam melaksanakan penghapusan BPO (Bahan Perusak Ozon) secara bertahap Pemerintah Indonesia menerapkan strategi pengendalian dan dua arah, yaitu melalui pangendalian pemasukan (supply) dan kebutuhan (demand). Strategi tersebut dilaksanakan melalui penghentian impor BPO secara bertahap, pelarangan produksi dan memperdagangkan BPO, penerapan alih teknologi BPO dengan bahan alternatif pengganti, pengelolaan BPO yang telah beredar di Indonesia, pencegahan emisi BPO ke atmosfir, serta peningkatan kepedulian dan peran serta seluruh pemangku kepentingan.

APA ITU REFRIGERAN?
Refrigeran adalah zat yang mengalir dalam mesin pendingin (refrigerasi) atau mesin pengkondisian udara (AC). Zat ini berfungsi untuk menyerap panas dari benda atau udara yang didinginkan dan membawanya kemudian membuangnya ke udara sekeliling di luar benda/ruangan yang didinginkan.
Jenis-jenis refrigeran
Refrigeran dapat dikelompokan menjadi kelompok refrigeran sintetik dan refrigeran alami. Refrigeran sintetik tidak terdapat di alam dan dibuat oleh manusia dari unsur-unsur kimia. Sedangkan refrigeran alami adalah refrigeran yang dapat ditemui dialam, namun demikian masih diperlukan pabrik untuk penambangan dan pemurniannya.
Refrigeran yang dikenal dengan sebutan CFC, HCFC, dan HFC adalah contoh-contoh refrigeran sintetik. Sedangkan hidrokarbon (HC), karbon dioksida (CC2), air (H20), udara dan ammonia (NH3) adalah contoh refrigeran alami yang sering digunakan.